Senin, 20 April 2015

Wonderful Sail2Indonesia tahun 2015 Relli Kapal Layar Asing Akan Labuh Di TPI Sukabangun

Pengirim : ALWIADI.
Tanggal : 20 April 2015, 4:00 pm


Ketapang (Humas-Setda)Puluhan Kapal Layar Asing akan berlabuh di Pelabuhan TPI Sukabangun Kabupaten Ketapang dalam pelaksanaan Reli Kapal Layar (Yacht Rally) asing pada Juli-November 2015 Destinasi Wonderful Sail2Indonesia (WS2I) tahun 2015, Hal ini dipastikan setelah dilakukan survei oleh Kementerian Parawisata RI yang mengunjungi Ketapang selama dua hari.

" Pelabuhan TPI Sukabangun ini letaknya strategis, memiliki sarana dan prasarana seperti setegher tempat tambat skoci, kamar mandi,wc dan air bersih serta bangunan pendukung lainnya tempat para wisatawan nantinya beristirahat " kata Raymond T lesmana Ditjen pengembangan Destinasi Parawisata Kementerian Parawisata RI ketika meninjau pelabuhan TPI Sukabangun, Senin (20//4).
Menurut Raymon relli kapal layar (yacht Rally) Asing Wonderful Sail2Indonesia 2015 adalah salah satu acara reli Kapal Layar Internasional yang dihelat oleh yayasan Cinta Bahari Antar Nusa bekerja sama dengan Island Cruising Association-New Zealand.
Ia menjelaskan acara tersebut diselenggarakan mulai bulan Juli - November 2015, dengan start yang dimulai dari Cairns Australia dan masuk perairan Indonesia pada 26 Juli 2015, melalui (Entry port) Debut Kabupaten Maluku Tenggara provinsi Maluku yang akan berakhir pada 10 November 2015, keluar melalui (exit port) kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau.
" Sekitar 50 buah kapal layar asing akan menyinggahi destinasi di seluruh Indonesia untuk Kalbar reli kapal Layar akan labuh di Ketapang dan Kayong Utara " katanya.
Raymon berharap kunjungan kapal layar Internasional dalam program Wonderful Sail2Indonesia 2015 dapat memberikan manfaat untuk daerah dalam pengembangan potensi wisata bahari dan juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.
" Nantinya bagai mana kesiapan daerah dalam menyambut event ini, dan program berkelanjutan untuk memajukan daerah yang memiliki potensi seperti Kabupaten Ketapang ini " katanya.
Plt Kadis Budparpora Ketapang Uti M Basir menyatakan kesiapannya dalam menyambut kedatangan puluhan Kapal Layar Internasional dalam Wonderful Sail2Indonesia 2015 yang akan berlabuh di palabuhan TPI Sukabangun.
" Kami akan melakukan koordinasi dengan Bapeda, Dinas perhubungan, Dinas Perikanan dan Kelautan dalam mensukseskan kegiatan tersebut " katanya.
Ia juga merencanakan akan membenahi beberapa fasilitas pelabuhan dan mengisi kios-kios pelabuhan TPI yang kosong dengan menjadikan stand pameran produk-produk lokal seperti kerajinan tangan, kuliner, masakan khas Ketapang dan pernak pernik lainya, " Kita nanti akan pamerkan juga batu kecubung khas Ketapang " katanya.
Hal ini dilakukan dalam upaya mempromosikan potensi dan kekayaan alam kabupaten Ketapang yang masih belum banyak dikenal didunia luar dalam event tersebut merupakan kesempatan bagi para pengrajin, pengusaha lokal memperkenalkan produk unggulan lokal ke manca negara.
Sebelumnya Ditjen pengembangan Destinasi Parawisata Kementerian Parawisata RI Raymon T Lesmana didampingi Kabid pengembangan SDA Bapeda Ketapang Asep Suhendar SE, Disbudparpora, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan perikanan meninjau titik labuh alternatif Wonderful Sai2Indonesia (WS2I) tahun 2015, dengan menyusuri Pantai Celincing Benua Kayong, Kuala Pesaguan, Pelabuhan PT WHW, Sungai Tengar, Pagar Mentimun, Tanjung Batu, dan Pelabuhan Internasional Kendawangan . 

0 komentar:

Posting Komentar