Rabu, 06 Maret 2013

Kendawangan Jadi Tempat Pembibitan 100 Ribu Hektare Karet


Ketapang – PT Sampoerna Agro menanam Hutan Tanaman Industri (HTI) karet. Tahun 2012 PT Sampoerna Agro melalui anak perusahaannya PT Hutan Ketapang Industri (HKI) membuka lahan 100 ribu ha untuk pembibitan karet di Desa Pangkalan Batu Kecamatan Kendawangan Ketapang.
Perwakilan PT Sampoerna Agro, Boyke, mengatakan tujuan pembukaan lahan ini kebun karet ini Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar kebun. “Tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, tahap awal kita akan menanam lima ribu hektare, dengan total lahan 100 ribu hektare,” kata Boyke, Rabu (27/2), di Ketapang.
Ia menjelaskan kebun karet ini berada di lahan hutan produksi. Sekitar 70 persen tanaman pokok yakni karet dan jenis kayu saigon, bambu, dan sungkai. ”70 persen untuk tanaman karet, tanaman unggulan 30 persen. Tanaman kehidupan lima persen,” katanya.
Ia menuturkan, kawasan kebun karet ini berada di Desa Pangkalan Batu Kecamatan Kendawangan Ketapang. “Rata-rata pekerja karet ini kita utamakan dari masyarakat setempat,” ujarnya.
Menurut Boyke saat ini baru pada proses pembibitan dan penanaman perlu waktu lima hingga enam tahun baru bisa panen. “Ini jangka panjang, ke depannya akan kita bangun pabrik pengolahan bahan mentah karet di sini dan akan kita bentuk koperasi. Karet ini bisa produksi sampai 25 tahun,” katanya.
Mesuwa, tokoh masyarakat Desa Sungai Jelayan Kecamatan Kendawangan perbatasan dengan Desa Pangkalan Batu mengatakan dirinya berharap agar kebun karet juga segera dibuka di desanya. “Kami juga mengharapkan kebun karet ini juga dibuka oleh perusahaan, karena bisa membantu perekonomian warga, karena kami bisa bekerja di kebun karet ini,” harap Mesuwa.
Ia mengaku pihak perusahaan sudah melakukan sosialisasi ke warga mengenai pembukaan perkebunan karet ini. “Jadi kami menunggu realisasi pembangunan kebun ini segera,” pungkas Mesuwa. (jay) sumber : http://www.equator-news.com

0 komentar:

Posting Komentar