Kamis, 28 Maret 2013

Dukung Food Estate, Pejabat Sekretaris Kabinet Kunjungi Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 27 March 2013, 12:51 am


KETAPANG (HUMAS)-- Komitment ketahanan pangan di Kabupaten Ketapang mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat. Meninjau kondisi daerah dalam peningkatan program ketahanan pangan ini, maka pejabat sekretaris Kabinet RI belum lama ini (21/3) melakukan kunjungan ke Ketapang. Menurut Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si bahwa Pemkab selalu Proaktif untuk pengembangan pertanian tanaman pangan. Hal ini sesuai visi dan misi dibawa kepemimpinannya untuk berkomitmen untuk melakukan ekstensifikasi pada ketahanan pangan.

"Sebagai wujud konkrit komitmen pemerintah terhadap suplementasi program ketahanan pangan, kita membangun kawasan dem Pertanian Percontohan Terpadu di kawasan kebun pangan (Food estate) Kecamatan Muara Pawan," kata Bupati Ketapang.
Tujuan pembangunan dem area ini adalah untuk mengkoordinasikan keinginan masyarakat agar lahan pertanian menjadi lebih produktif. Selain itu, dalam mendukung kelancaran dan suksesnya program pembangunan Food estate di Kabupaten Ketapang, dijelaskan Bupati perlu adanya Sinergisitas kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
Artinya antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terjadi saling mendukung sesuai kewenangan masing-masing. Lebih lanjut dipaparkannya, pentingnya pembangunan kebun pangan (food estate) adalah sebagai upaya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerawanan pangan dimasa yang akan datang. Rawan pangan sudah menjadi prediksi para ahli, dan ini merupakan sebuah ancaman dalam stabilitas nasional. Ancaman sebuah negara, saat ini tidaklagi pada kondisi perang, tetapi pangan sangat menentukan.
Kaena itu, Bupati berharap Pemerintah Pusat dapat membantu pembangunan infrastruktur pendukung produksi terutama pembangunan jalan akses ke lokasi kebun pangan (food estate). Demikian juga upaya untuk lebih meningkatkan serta menciptakan kelancaran dan suksesnya program pembangunan kebun pangan di Kabupaten Ketapang,
"Dalam mensukseskan ketahanan pangan saya sudah imbau para kepala SKPD untuk memberikan contoh kepada masyarakat, saya sendiri akan mengkampaye Ketahanan pangan untuk mewujudkan masyarakat sejahtera,"ujarnya.@

Penulis: Repalianto S.Sos, M.Si  sumber : http://humas.ketapang.go.id
Foto: Hardian Handoko S.Sos
Admin/Editor: Andy Candra SE

0 komentar:

Posting Komentar