Rabu, 29 Agustus 2012

Informasi Kekayaan Alam dan wisata Belum Optimal



KETAPANG – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Ketapang, Yudo Sudarto, mengatakan potensi alam dan eksotika Kabupaten Ketapang, merupakan orijinalitas objek wisata yang dapat menjamin sustainability kegiatan pariwisata ke depan. Hal ini, menurutnya, sejalan dengan pergeseran selera tourist saat ini yaitu kembali kembali ke alam.

Ia menilai, kekayaan potensi wisata Ketapang mencakup flora dan fauna, laut dan pesisir pantai, pulau-pulau kecil, hutan, budaya, sejarah, dan atraksi lainnya, di mana kekayaan itu harus selalu tetap dijaga kelestariaannya. “Kabupaten Ketapang menjadi sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Meski demikian, Yudo juga mengakui adanya kecamatan seperti Kecamatan Marau yang masih minim data potensi wisata. Minimnya informasi data potensi daerah tersebut, menurut dia, menjadi permasalahan tersendiri bagi peningkatan investasi di daerah. Ia mengatakan peranan pemerintah dalam menyusun tahapan dan strategi kebijakan investasi untuk pemberdayaan potensi daerah begitu dominan. “Dengan kebijakan pemerintah daerah yang berorientasi pada peningkatan infrastruktur, kemudahan perizinan, kepastian hukum, dan jaminan keamanan, berusaha akan menjadi hal strategis dalam mendukung investasi,” katanya.

Karena itu, salah satu upaya memromosikan potensi objek wisata yang ada, menurut dia, adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi website. Berdasarkan hasil konsultasi dan koordinasi mereka ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalbar, diketahui bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam promosi dan pemasaran pariwisata melalui website diperlukan suatu sajian atau kemasan yang baik

. “Misalnya saja seperti penyampaian informasi harus jelas dan akurat dan potensi objek-objek wisata tersebut harus tampak lebih menarik, sehingga wisatawan jadi berminat untuk mengunjunginya,” terangnya. Selain itu, website juga diharapkan dia dapat memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang datang berkunjung. “Semoga dapat menyajikan gambaran yang jelas mengenai pesona objek wisata Kabupaten Ketapang,” ucapnya. (ash)

0 komentar:

Posting Komentar