Selasa, 25 Desember 2012

Nelayan Dapat Rp 100 Juta Per Kelompok


Menyejahterakan Masyarakat Pesisir Pantai


Ketapang – Bupati Ketapang Henrikus memberikan bantuan dana Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) perikanan tangkap sebesar Rp 100 juta per kelompok nelayan di Desa Sukabangun Dalam saat peresmian Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) belum lama ini.
Bantuan itu merupakan program pemerintah secara nasional dalam rangka menyejahterakan masyarakat pesisir serta program mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Program tersebut sesuai pula dengan program kabupaten guna menyejahterakan masyarakat pesisir pantai.
“Selain dana PUMP juga dibantu alat tangkap, kapal, mesin, dan pakan ikan, serta perumahan nelayan,” kata H Nizarwan Ahmad, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan kemarin.
Menurutnya uang bantuan dana PUMP tersebut langsung masuk ke rekening kelompok masing-masing. DKP dalam hal ini hanya memfasilitasi saja dan melakukan verifikasi kelompok-kelompok nelayan mana saja yang layak dapat bantuan tersebut.
Namun Nizarwan tidak memerinci berapa banyak kelompok nelayan yang menerima bantuan tersebut. “Ekonomi nelayan sejauh ini ada peningkatan, ada sekitar 60 unit motor air nelayan yang akan berlabuh di PPI ini,” ujarnya.
Nizarwan mengatakan pembangunan PPI ini nantinya akan terus dianggarkan setiap tahunya. Ia menilai seperti kapasitas pabrik yang perlu ditingkatkan lagi, tempat pengolahan ikan yang harus lebih respensif lagi. “Di lokasi PPI ini, Pemda masih banyak lahan-lahan yang kosong untuk dikembangkan,” ungkapnya.
Nizarwan menyatakan selama ini nelayan melakukan penangkapan dengan cara tradisional. Dengan adanya bantuan, diharapkan dapat digunakan untuk membeli mesin, perahu dan lainnya. Sehingga hasil tangkapan ikan akan maksimal. Ia berharap kelompok yang sudah menerima bantuan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. (jay)

0 komentar:

Posting Komentar