Rabu, 19 Desember 2012

2025, Ketapang Layak Jadi Provinsi


Kabupaten-Ketapang.jpg
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Peneliiti Senior dari Universitas Tanjungpura (Untan) Prof Eddy Suratman menyatakan pada 2025 mendatang, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat sudah layak menjadi sebuah Provinsi mandiri, dengan Kota Ketapang sekarang sebagai Ibukota.

"Ini akan kami tuangkan dalam sebuah buku yang dapat diakses melalui internet," ujar Eddy disela-sela pemaparan hasil kajian terhadap Kabupaten Jelai Kendawangan Raya (JKR) di ruang rapat DPRD Ketapang, Selasa (18/12/2012).

Menurutnya hal ini bisa terjadi apabila dalam beberapa tahun kedepan, di wilayah Ketapang yang sekarang dapat terbentuk dua daerah otonom baru.

Ia bersama peneliti lain menyampaikan, idealnya pada 2020 sudah terbentuk 25 kabupaten/kota di Kalimantan Barat, pemekaran dari 14 kabupaten/kota yang sudah ada sekarang.

"Desainnya seperti ini, nanti Ketapang statusnya sama dengan Kota Pontianak dan Kota Singkawang. Area sekitarnya menjadi daerah otonomi baru (DOB) yang kemudian pada 2025 berkembang lagi menjadi sebuah provinsi," ujarnya.

Hasil penelitian ini diperoleh melalui serangkaian pengkajian yang menyasar ke seluruh daerah Kalbar. Bertemu pemuka-pemuka masyarakat hingga ahli-ahli sejarah, dimana didapat kesimpulan bahwa akhir 2025 di wilayah Kalbar yang sekarang dapat menjadi tiga provinsi.
#Admin berarti dari sekarang kita seluruh warga ketapang harus saling membantu untuk merealisasikannya, pemerintah sekarang diharapkan bisa memulai dengan menyiapkan SDM (membangun universitas yang baik), SDA(pengelolaannya dengan profesional), infrastruktur yang  terintegrasi dengan kemajuan ketapang untuk 15 tahun kedepan sehingga  rancangan infrastrukturnya bisa dipakai apabila ketapang jadi provinsi, master plannya pembangunan harus jelas dan lain-lain masih banyak lagi yang harus dilakukan untuk terciptanya provinsi ketapang 2025. Amin....

Penulis : novi saputra
Editor : Bowo

0 komentar:

Posting Komentar