Senin, 20 Agustus 2012

Daerah Prospek Bauksit Kendawangan



Selain cadangan bauksit di Tayan, Antam juga sedang melaksanakan kegiatan eksplorasi bauksit pada daerah prospek Kendawangan. Status prospek Kendawangan adalah KP Eksplorasi milik Antam meliputi wilayah seluas 15.100 hektar, yang terletak di Kabupaten Ketapang, Propinsi Kalimantan Barat.Dari hasil pengamatan di lapangan, endapan bauksit di daerah ini termasuk dalam jenis bauksit kadar besi tinggi yang dicirikan oleh warna coklat kemerahan, sangat keras/kompak, bentuk butir meruncing tanggung – omoeboid dengan distribusi merata dari atas ke bawah. Secara geografis lokasi tersebut menguntungkan karena terletak di tepi pantai selatan P. Kalimantan sehingga relatif mudah untuk mengembangkan potensi endapan bauksit yang ada di daerah tersebut. Sekitar periode tahun 1972-1973, PT Alcomin melakukan penyelidikan endapan bauksit di daerah Kendawangan dan menemukan cadangan bauksit tercuci sebesar 52,2 juta wmt dengan rata-rata kadar reactive-Silica 4,36% dan available-Alumina 35,22%.
Kegiatan penyelidikan pada tahun 2000 oleh Unit Geomin di daerah tersebut adalah rechecking secara acak data PT Alcomin tersebut. Metoda yang dipakai adalah sumur uji dengan rata-rata jarak 400 meter. Hasil pengamatan dari 59 sumur uji di lapangan didapatkan hasil yang sangat menguntungkan sekali dalam biaya penambangannya.
Pada akhir tahun 2000 didapatkan inferred resources berjumlah 9,7 juta wmt dengan kadar rata-rata reactive silica 5,5% dan 51,22% Total Alumina, sesuai dengan persyaratan bauksit kualitas ekspor yang berlaku pada Tambang Bauksit Kijang. Sebagaimana berlaku untuk kualifikasi bauksit untuk rencana Proyek Alumina Tayan, diperoleh cadangan sebesar 32,2 juta wmt, dengan kadar rata-rata reactive silica 3,49% dan Alumina 41,10%. Sumber  :  
http://bumikayong.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar