Kamis, 19 Juli 2012

Sekilas tentang Ketapang


saya lahir di kota ketapang kalimantan barat. lokasinya di kelurahan sampit kecamatan delta pawan. mungkin anda yang bersal dari kota ketapang mengetahui lokasi tersebut... mohon maaf sebelumnya apabila ada kesalahan informasi yang saya berikan. Disini saya akan bercerita tentang kota ketapang yang saya banggakan.. Apa sih ketapang itu???? jawab : Ketapang adalah sebuah kabupaten yang ada di kalimantan barat, yang sering di sebut tanah kayongTapi mengapa ya di sebut tanah kayong ada yang tau gak?????? terus lokasi tanah kayongnya di mana???? di kota ketapang atau di daerah pedalaman ketapang??? kalau anda tau, anda bisa beri komentar blog ini atau anda juga bisa kirim jawaban anda di ardiok79@yahoo.com atas partisipasi anda saya ucapkan terima kasih... Selain itu juga kota ketapang juga di juluki kota ale-alemengapa demikian????????? jawab : kalau pertanyaan yang ini saya bisa menjawabnya. sebelum saya menjawabnya anda harus tau dahulu apa itu ale-ale. ale-ale adalah..........buka situs www.ale-ale.com di situs itu anda akan mengetahui apa itu ale-ale. Pada tulisan sebelumya saya juga sudah menjelaskan sedikit tentang ale-ale. Ale-ale menjadi sibol kota ketapang dan di buat sebuah bundaran yaitu bundaran ale-ale. ini gambarnya.


ini adalah sungai pawan. Kota Ketapang di belah oleh sebuah sungai yaitu sungai pawan. Sungai ini di manfaatkan oleh orang ketapang untu mandi, transportasi sungai dan untuk mencari penghasilan bagi para nelayan. Di atas sungai ini di bangun beberapa buah jembatan. Salah satunya Jembatan Pawan 1,2,dst kalau tidak salah akan di bangun lagi jembatan pawan 5. 





ini alu
n-alun sungai pawan atau taman merdeka Ketapang lokasinya di jalan Merdeka utara Ketapang. 









ini adalah hotel berbintang standar internasional yang ada di kota Ketapang.lokasinya tepat di pusat kota Ketapang yaitujalan R Suprapto Ketapang. Jika anda pergi ke Ketapang, anda tidak perlu bingung mencari penginapan. karena sudah tersedia penginapan yang anda inginkan.kebanyakan orang enggan pergi ke suatu daerah karena transportasi sulit,penginapan sulit di dapat. jangan takut, kalau anda pergi ke Ketapang, anda tidak akan di hadapkan masalah semacam itu. 



ini gambar kota ketapang pada malanm hari. temapat ini lokasinya di Jln. Merdeka Utara dan Jln. Jendral A yani. Di sini terdapat sebuah tugu yaitu tugu tolak bala. Saya kurang tau juga kapan tugu itu di bangun. yang jelas bangunan tugunya menyerupai rumah adat dayak. 





ini masih di jalan Merdeka Utara tepatnya di depan alun-alun sungai pawan atau taman merdeka ketapang. sewaktu SD saya sering pulang les lewat sini. saya senang lewat sini pada sore hari karena banyak burung walet yang berterbangan di atas jalan ini. dan saya senang mendengarkan perpaduan bunyi kendaraan dan suara walet. selain itu juga di lokasi ini banyak di bangun rumah walet yang tinggi. makanya sore hari
mereka berterbangan karena mereka mau pulang
kerumahnya.
Mungkin bagi orang yang tinggal di lokasi ini kejadian seperti itu sudah biasa dan tidak ada yang unik. tapi bagiku itu semua punya keunikan sendiri karena jarang jarang saya bisa melihat kejadian sepeti itu. dan anehnya orang-orang ingin mendengarkan kicauan burung mereka harus pegi kehutan atau daerah pegunungan. Tapi di kota ketapang suara burung setiap pagi dan sore datang sendiri.


lokasi ini sudah saya jelaskan pada tulisan saya sebelumnya. Kalau anda belum mengetahui lokasi ini baca tulisan saya sebelumnya. yang jelas lokasi ini ada di kota ketapang. ini merupakan pusat kota ketapang apabila di lihat dari ketinggian. Kota Ketapang merupakan kotatua di Kalimantan barat dan wlayahnya luas dan masih banyak yang belum di tempati. 







ini merupakan perempatan jalan 1. jalan R suprapto. 2.jalan DI Panjaitan. 3.jalan Sisinga Maharaja. 4.jalan Gatot Subroto Dijalan DI panjaitan ini trdapat sebuah RSU Agus Djam, Pada awal tahun 2010 tadi telah terjadi kecelakan pesawat yang menewaskan 2 orang yang jatuh tepat di atas ruang UGD RS Agus Djam. di jalan ini sering macet pada saat sore minggu dan malam minggu. lokasi ini merupakan lokasi favorit anak muda Ketapang, karena banyak terdapat tempat hiburan seperti cafe and resto.










selanjutnya kita beralih ke jala
n Sisinga Maharaja di jalan ini terdapat THR Sepakat. ( taman hiburan rakyat) setiap malamnya lokasi ini selalu di penuhi oleh para penjual. di lokasi ini pula sering di adakan hiburan rakyat. tempat ini merupakan pusat hiburan bagi masyarakat kota ketapang. Bagi anda yang baru pertama kali datang ke ketapang, dan ingin mencari teman silahkan pergi ke tempat ini siapa tau anda akan mendapat seorang teman. 
selanjutnya kita pindah ke jalan Gatot subroto. di jalan ini terdapat sebuah stadion kebanggaan warga ketapang yaitu stadion Tentemak. di tempat ini pula para artis,penyanyi,dan para band Indonesia sering tampil di kota ketapang. tempat ini juga merupakan tempat para pemain sepak bola ketapang untuk bertanding mencari yang terbaik dari yang baik.
nah ini adalah jalur pertama at
au pintu masuk menuju kota ketapang. ini adalah jalan Gajah Mada suka bangun. di ujungjalan ini terdapat sebuah pelabuhan yaitu pelabuhan Sukabangun. dan di pertengahan jalan ini terdapat sebuah Bandara yaitu Bandara Rahadi Uesman.
ini adalah pintu
 masuk dan pintu keluar bandara rahadi uesman. jalan ini terhung kejalan Gajah mada. Dari jalan gajah mada akan terhubung ke jalan sisinga mangaraja dan tiba di pusat kota ketapang.










selanjutnya saya akan membawa anda ke tempat-tempat istimewa yang ada di kota Ketapang.pada tulisan sebelumnya saya sudah jelaskan. sekarang saya akan jelaskan lagi. ini adalah keraton GustiMuhammad Saunan lokasi tempat ini berada di kelurahan Mulia Kerta. Memang agak jauh dari pusat kota ketapang. Lokasinya berseberangan dengan pusat kota ketapang.Keraton ini menghadap sungai Pawan. 








 ini adalah rumah adat melayu Ketapang lokasinya di kelurahan Mulia baru Ketapang. 


ini adalah Masjid Agung Al-Ikhlas. 









ini adalah gereja terbesar di ketapang dan mempunyai menara tertinggi di ketapang.









ini adalah kelenteng tua yang ada di ketapang lokasinya di jalan merdeka utara.









3 komentar:

  1. 31 tahun sudah tinggalkan ketapang, hijrah ke kota bawang, rindu akan kemajuan ketapang, terima kasih informasinya ini

    BalasHapus
  2. BOLEH LAH BALEK KEKETAPANG LAGI

    BalasHapus
  3. Ada keh..hotel murah meriah..

    BalasHapus